XML Logo

Bicara tentang Markup Language, bukan hanya HTML yang merupakan Markup Language, tapi ada juga yang disebut XML (Extended Markup Language) yang juga merupakan seperangkat aturan bahasa untuk menyajikan elemen-elemen pada software. Namun berbeda dengan HTML yang sudah menjadi Standard global di seluruh dunia untuk menyajikan website. XML merupakan aturan yang berbeda bagi setiap developer.

XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup yang lebih digunakan untuk menyimpan dan mengorganisasi data daripada untuk menjelaskan bagaimana data direpresentasikan seperti HTML.

Apa itu Markup? Markup adalah sebuah informasi yang diberikan ke dalam sebuah dokumen untuk menjelaskan arti dari elemen-elemen dalam cara tertentu. Markup menjelaskan bagian-bagian dokumen dan bagaimana bagian-bagian itu berhubungan satu dengan yang lain. Lebih spesifik, Markup adalah susunan simbol yang dapat diletakkan di dalam document untuk menjelaskan bagian-bagian dokumen tersebut.

Karakteristik XML

Anda dapat membuat bahasa anda sendiri dengan XML XML menyimpan data, bukan menampilkan data. XML merupakan standard public.

Penggunaan XML

XML dapat berjalan dibelakang layar XML dapat digunakan untuk pertukaran informasi antar sistem XML dapat digunakan untuk load database XML dapat digunakan untuk menyimpan dan menyusun data sesuai dengan kebutuhan XML dapat digabungkan dengan stylesheet untuk memberi tampilan yang menarik pada tampilan data Segala jenis data dapat diekspresikan dengan sebuah dokumen XML

Contoh XML

<message>
    <text>Hai! </text>
</message>

Pada kode diatas, terdapat simbol yang menjadi awalan dan akhiran dokumen, di dalamnya terdapat text ‘Hai!’ yang diapit oleh simbol

XML bukanlah bahasa pemrograman karena bahasa pemrograman memiliki struktur grammar sendiri untuk memerintahkan komputer melakukan suatu tugas. XML tidak dapat melakukan komputasi atau algoritma sehingga tidak dapat dikatakan sebagai bahasa pemrograman.

XML biasanya akan disimpan di dalam file text dan di proses oleh sebuah aplikasi yang dapat menginterpretasi kan XML. Aplikasi yang dapat memroses data XML disebut dengan XML Processor.

Struktur XML

Elemen

Elemen dapat didefinisikan sebagai pembangun sebuah dokumen XML. Element berfungsi sebagai container untuk menampung teks maupun element lainnya. Setiap dokumen XML berisi satu atau lebih elemen.

<element-name attribute1 attribute2>
....content
</element-name>

Atribut

Attribut adalah bagian dari element XML. Element dapat memiliki banyak attribute. Attribute memberikan informasi bagi element XML. Attribute merupakan pasangan key=”value” yang berada di dalam open tag element XML.

Thanks to TutorialsPoint.